Friday 14 August 2009

Cara Mengatasi Virus Handphone Symbian OS

Setiap Handphone yang memiliki System Operasi baik itu Symbian Mobile, Windows Mobile atau menggunakan System Operasi lainnya, rentan terhadap Virus seperti layaknya sebuah komputer yang juga memiliki Sistem Operasi. Virus itu sebenarnya adalah sebuah aplikasi atau program, namun Virus adalah sebuah aplikasi atau program yang dibuat untuk mengacaukan ataupun untuk merusak sistem di dalam Handphone atau komputer. Banyak virus yang menyerang Handphone sekarang ini memang sangat mengganggu sekali, ada virus yang membuat handphone mengirimkan sms maupun mms ke semua daftar kontak yang ada di ponsel yang terjangkit virus tersebut dengan tujuan menyebarkan virus tersebut ke ponsel lain ataupun sekedar mengacaukan sistem ponsel dan menghabiskan pulsa dari ponsel tersebut. Tidak semua aplikasi atau program dapat berjalan di semua Sistem Operasi, begitu juga Virus. Virus membutuhkan Sistem operasi yang sesuai dengan program virus yang dibuat oleh si pembuat virus. Memang ada juga virus-virus yang dibuat compatible pada beberapa sistem operasi yang ada. Saat ini yang akan Dbonis bahas adalah Cara Mengatasi Virus Handphone yang berbasis Symbian OS. Seperti Symbian seri 60 1st edition, symbian seri 60 2nd edition atau symbian seri 60 3rd edition: Nokia 3230, 6600, 7610, 7650, N70, dll. Virus Symbian yang banyak beredar saat ini adalah Comwarrior, Skulss, Cabir, Guardian, dll. Beberapa tahun yang lalu Ponsel teman dekat DBonis pernah terjangkit Virus Comwarrior, awalnya memang sepele, gara-gara sedang bluetooth di sebuah Mall untuk mentrasfer beberapa file image untuk dicetak digital, tiba-tiba sebelum ponsel tersebut dimatikan bluetoothnya, ponsel tersebut mendapat kiriman file lewat bluetooth dan DBonis menerima file tersebut. Sesuatu belum terjadi pada ponsel tersebut, namun selang beberapa jam kemudian, ponsel tersebut mulai mengirimkan sms dan mms kesemua daftar kontak yang ada tanpa bisa dihentikan sampai pulsanya habispun masih mengirimkan sms dan mms hingga pulsanya pun minus sekian ribu rupiah.
Dalam kebingungan DBonis mengambil langkah mematikan ponsel tersebut agar tidak terus menerus mengirimkan sms dan mms. Ketika dihidupkan kembali ponsel tersebut masih saja mengirimkan sms dan mms, akhirnya DBonis mengambil langkah untuk membatasi panggilan keluar dan sms keluar pada ponsel tersebut agar tidak bisa mengirimkan sms dan mms lagi. Berhasil, namun sampai seberapa lama DBonis harus membatasi sms keluar ponsel tersebut? Tentu teman DBonis nantinya tidak bisa menggunakan ponsel tersebut. Teman DBonis menyarankan mengganti SIM ponselnya, tapi menurut pemikiran DBonis hal itu akan percuma saja, karena yang terinfeksi adalah ponselnya, jika SIM digantipun, si Virus tetap akan mengirimkan sms dan mms juga. Teman DBonis membawa ponsel tersebut ke Counter untuk di perbaiki dan ternyata ponsel tersebut terserang Virus Comwarrior. Untuk menghilangkan Virus tersebut dibutuhkan biaya 150 ribu, walah... mahal banget? Setelah keliling ke beberapa counter akhirnya didapatkan counter yang memasang tarif lumayan lebih murah yaitu 50 ribu saja plus diisi full aplikasi lagi dan diberi aplikasi anti virus AntiCW atau anti Comwarrior. Fiuh... repot juga ya kalau ponsel kita kena virus?
Dari kejadian tersebut membuat DBonis ingin tahu tentang virus ponsel dan cara mengatasinya. Setelah googling sana-sini dan berdasarkan pengalaman coba-coba mengatasi virus ponsel Symbian yang menyerang ponsel teman-teman DBonis, DBonis ingin membagi sedikit pengalaman Dbonis menghadapi virus-virus ponsel symbian ini. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang mengalami masalah yang serupa. Dari pada harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk memperbaiki ponsel yang terkena virus, lebih baik kalau diatasi sendiri, betul tidak?
Bagi anda yang menggunakan Ponsel-ponsel berbasis symbian, penting sekali bagi anda untuk memiliki aplikasi File Eksplorer seperti SeleQ, FExplorer atau aplikasi eksplorer yang lainnya. Karena dengan aplikasi tersebut anda dapat melihat isi ponsel anda.
Ada beberapa cara mengatasi virus pada ponsel Symbian yaitu:
  1. Hal pertama yang harus anda hindari agar tidak terserang virus adalah jangan menerima file lewat bluetooth yang sekiranya anda memang tidak sedang menerima bluetooth dari ponsel lain. Seumpama anda sedang bluetooth file mp3 dari ponsel teman anda dan ternyata anda menerima file lain yang bukan file mp3, jangan anda terima file tersebut. Virus bisa juga menyerang lewat sms, berhati-hatilah!
  2. Biasanya Virus bercokol di System pada ponsel anda, tetapi ada kemungkinan si Virus juga menggandakan dirinya ke MMC ponsel anda sebagai Backup dirinya apabila file virus pada system dimusnahkan dengan cara di format atau instalasi Firm ulang (FLASH Firmware).
  3. Apabila Virus yang menyerang ponsel anda adalah Comwarrior yang selalu mengirimkan sms dan mms tidak dapat dihentikan, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mematikan ponsel anda. Jika anda memiliki komputer, backup data-data dari memori phone dan mmc anda ke komputer melalui kabel data atau bluetooth.
  4. Anda dapat menscan ponsel anda menggunakan anti virus komputer. Avira termasuk anti virus komputer yang dapat mendeteksi virus ponsel, ini sudah DBonis buktikan sendiri.
  5. Jika anda tidak memiliki komputer, langkah yang harus anda lakukan adalah coba anda masuk ke pengaturan pada ponsel anda, lalu masuk ke pengaturan pembatasan panggilan. Pada panggilan keluar, batasi panggilan keluar untuk sms. Masukan password yang mudah anda ingat agar nantinya anda tidak kerepotan membuka kembali pembatasan sms keluar tersebut.
  6. Jika anda tidak memiliki komputer memang resikonya terpaksa anda harus kehilangan data-data anda karena anda harus melakukan Hard Reset pada ponsel anda untuk menghilangkan virus tersebut sampai ke akarnya. Cara Hard Reset adalah dengan menekan *#7370# pada ponsel anda maka ponsel anda akan restart dan semua kembali kesetting awal ponsel anda. Namun dengan cara ini virusnyapun akan hilang karena diformat ulang.
  7. Jika ponsel anda terkena virus Guardian, biasanya sms anda akan diblok oleh operator jaringan anda sebelum anda menghilangkan virus tersebut dari ponsel anda. Cara menghilangkan virus ini yaitu anda harus menggunakan aplikasi eksplorer, bisa menggunakan FExplorer ataupun SeleQ. Pertama yang harus anda lakukan setelah masuk aplikasi eksplorer tersebut adalah aktifkan hidden filenya agar file virus Guardian dapat terlihat karena file virus ini dihidden agar tidak terlihat dan dihapus. Caranya anda masuk ke drive c:system. Lalu klik option, pilih file lalu properties. Cari Attribute, pada opsi Hidden rubah menjadi ON. Masih di c:system klik option lalu klik Find. Pada isian NAME isi dengan teks Guardian*, klik OK dan OK lagi. Jika ponsel anda terjangkit Virus Guardian maka akan muncul folder dan file-file virus guardian tersebut. Klik option lagi lalu goto path folder, maka akan masuk ke alamat dari folder virus Guardian tersebut. Hapus folder beserta file-filenya lalu restart ponsel anda. Atau anda dapat mencarinya dengan cara, masuk ke c lalu system lalu apps. Biasanya folder dan file-file Guardian tersebut berada di c:system, apps maka akan anda temukan folder Guardian. Hapus folder tersebut beserta file-filenya dan restart ponsel anda.


Selamat mencoba dan semoga berhasil serta bermanfaat....

DBonis
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment