Sunday 19 July 2009

Tips Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P

Kali ini DBonis akan memberikan Tips Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P, pada artikel sebelumya DBonis pernah membuat artikel tentang Smart Haier D1200P ini. Setelah kurang lebih 3 bulan ini DBonis menggunakan Handphone Smart ini sebagai Modem komputer DBonis, ternyata koneksi internetnya mulai semakin lambat dan tidak seperti pada awal-awal DBonis menggunakannya. Setelah googling ke berbagai situs dan mencoba tips yang mereka sarankan, ternyata ada yang manjur juga banyak yang tidak. Dari pencarian dan percobaan yang DBonis lakukan, DBonis akan memberikan Tips Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P berdasarkan pada percobaan yang pernah DBonis coba dan berhasil Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P ini.
Mungkin karena Modem CDMA ini merupakan Modem plus Handphone termurah di Indonesia saat ini, ditambah awalnya Gratis selama 6 bulan dan untuk pembelian sekarang hanya gratis selama 3 bulan saja, jadi semakin banyak yang menggunakan semakin lambat koneksi internetnya... namanya juga gratis...hehehehe...
Baiklah kita mulai saja.
Tips yang akan Dbonis berikan adalah sebagai berikut:

Cepat tidaknya koneksi internet menggunakan modem handphone, tergantung dari sinyal yang diterima handphone tersebut. Jadi apabila sinyal pada smart anda kurang dari 4 bar, berarti penerimaan sinyalnya di daerah anda kurang bagus. Maklum jangkauan smart saat ini memang belum sebagus dan seluas yang lain. Kebetulan sinyal smart di daerah Dbonis cukup bagus, tidak naik turun dan mendapatkan 4 bar sinyal tetap tidak berubah-ubah. Dalam masalah sinyal ini DBonis tidak ada masalah, jadi Dbonis tidak pernah mencoba permasalahan ini. Tetapi bagi yang mempunyai masalah dengan sinyal ada Tips yang bisa dicoba, mudah-mudahan manjur yaitu dengan menggunakan wajan atau penggorengan dari alumunium, tutup panci alumunium juga bisa. Caranya:

  • Letakan Handphone Smart anda pada wajan dengan letak wajan terbuka bukan ditelungkupkan ya? Seperti saat ibu kita akan menggoreng sesuatu di kompor, tentu wajannya tidak akan diletakan terbalik dunks? Dan hadapkan wajan keluar ruangan, ini berfungsi seperti antena tambahan, mungkin kayak antena parabola kali ya? Hehehehe....

  • Cara lainnya adalah dengan meletakan handphone smartnya di dekat antena televisi UHF, mungkin cara ini agak susah jika antena televisi anda berada jauh di luar rumah, namun sebagian tips yang DBonis dapatkan, ada yang berhasil menambah sinyal dengan menaruhnya di atas televisi yang sedang dinyalakan. Namun kelemahannya, handphone akan cepat panas, karena panas yang dikeluarkan oleh televisi tersebut akan mempercepat handphone menjadi panas juga. Silahkan anda pilih cara yang mana yang cocok buat anda.

Cara yang kedua ini adalah setting default pada Windows. Secara default, Windows menggunakan bandwidth sebesar 20%. Untuk menggunakan bandwidth secara maximal, maka kita harus merubahnya. caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik START pada menu button, lalu klik RUN, pada kotak isian kosongnya, ketikan gpedit.msc.

  • Maka akan tampil jendela Group Policy, di bagian Computer Configuration, Klik tanda (+) Administrative Templates, klik (+) Network .

  • Klik pada QoS Packet Schedule, lalu lihat pada jendela sebelah kanan, double klik Limit Reservable Bandwidth.

  • Maka akan muncul jendela baru Limit Reservable Bandwidth Properties, pada tab Setting, klik option Enable dan isi Bandwidth limit [%]: dengan angka 0 (nol).

  • Klik OK.

Setelah cara kedua tadi selesai, maka anda bisa setting pada Registry Windowsnya. Namun sebelumnya, untuk menjaga kesalahan edit, sebaiknya anda membuat restore point pada system restore windows anda untuk menghindari Crash (Hang) karena kesalahan edit tadi, caranya klik pada START menu, lalu All Program, Accessories, system tools dan klik system restore (untuk windows XP). Jika anda menggunakan Sistem Operasi Windows lainnya, carilah dahulu cara membuat system restore ini. Setelah masuk jendela system restore, pilih create a restore point, next, pada restore point description, beri nama terserah anda, lalu klik create. Agar nantinya anda dapt mengembalikan Windows anda ke setting default sebelum anda merubah registry pada Windows. Kembali ke edit registry, caranya yaitu:
  • Klik pada START menu button, lalu klik RUN, pada kotak isian kosongnya, ketikan regedit.

  • Lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Service\Tcpip\Parameters.
  • Double klik DefaultTTL, isi valuenya dengan angka 40.
  • Double klik EnablePMTUBHDetect, isi valuenya dengan angka 0 (nol).
  • Double klik EnablePMTUDiscovery, isi valuenya dengan angka 1.
  • Double klik GlobalMAxTcpWindowsSize, isi valuenya dengan 5ae4c.
  • Double klik SackOpts, isi valuenya dengan angka 1.
  • Double klik Tcp1323Opts, isi valuenya dengan angka 3.
  • Double klik TCPWindowsSize, isi valuenya dengan angka 5ae4c.
  • Lalu Restart komputer anda.

Jika anda masih menggunakan Browser standar Windows yaitu Internet Explorer, coba beralih ke Mozilla Firefox, browser ini lebih cepat dan aman. Anda dapat mendownload Mozilla Firefox di sini.

Anda dapat merubah Setting Koneksi pada Smart anda. Selain Username: smart dan Password: smart serta Dial Up: #777, coba anda gunakan setting koneksi yang lainnya, yaitu:
  • Username: wap, Password: wap, Dial Up: 222.
  • Username:cdma, Password: cdma, Dial Up: *777#
  • Kombinasi untuk Username dan Password tadi bisa digunakan untuk semua dial up termasuk untuk dial up: *99# dan *31*11111# serta dial up default #777. Silahkan anda kombinasikan sendiri, yang mana yang cocok untuk anda.
Tips yang keenam ini mudah sekali, berdasarkan pemantauan DBonis, akses internet pada waktu dini hari dan pagi hari jauh lebih cepat dibandingkan jam sibuk atau di atas jam 12 siang. Bagi sobat-sobat Muslim, tentu pagi-pagi sudah bangun untuk Sholat Shubuh. Nah setelah Sholat Shubuh Sobat-sobat bisa menggunakan akses internet smart ini lebih cepat, kalo ga percaya coba aja... Hehehehe....

Selain Tips di atas, masih ada tips lainnya yang pernah DBonis coba dan manjur. Yaitu Tips Merubah Setting Mozilla firefox agar browsing lebih cepat dan Tips Mempercepat Koneksi Internet dengan Setting Modem pada Windows secara Manual. Tetapi tips ini tidak akan DBonis jelaskan di sini, karena udah cape ngetiknya nih...hehehehe.... Insya Alloh akan DBonis posting artikelnya lain waktu.

Semoga Berhasil dan Bermanfaat.....

DBonis

3 comments: