Tuesday 5 May 2015

Visual Basic .Net 2010 - TextBox Hanya Berisi Angka

Sewaktu membuat program atau aplikasi, terkadang kita membutuhkan validasi. Di mana untuk pengisian form tertentu ada kolom  yang hanya boleh diisi Angka saja. Contohnya kolom Nomer Telepon, Harga Barang, Jumlah dan lain-lain. Memang kita bisa menggunakan pesan sebagai validasi, namun itu kurang efektif. Sebelum mempelajari artikel ini, ada baiknya anda membaca artikel Mencari Nilai ASCII. Karena untuk membuat TextBox hanya dapat berisi angka saja, kita akan menggunakan ASCII dari tombol-tombol keyboard yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya di sini. Kalau sudah paham apa itu ASCII, sekarang mari kita buat dengan tahapan-tahapan berikut ini:
  • Buka Visual Studio 2010 dan buat project baru
  • Letakan sebuah Label dan TextBox di Form1
  • Ubah Properties Text Label menjadi Hanya Angka dan ubah Properties Name TextBox1 menjadi txtHanyaAngka
  • Hasilnya seperti gambar berikut:
Texbox Hanya Angka
  • Lalu pada jendela code ketikan code ini di even keypress: If Not ((e.KeyChar >= Chr(48) And e.KeyChar <= Chr(57)) Or e.KeyChar = Chr(13) Or e.KeyChar = Chr(8) Or e.KeyChar = Chr(32) Or e.KeyChar = Chr(44) Or e.KeyChar = Chr(46)) Then e.KeyChar = Chr(0)
  •  Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Coding Hanya Angka
  • Jalankan programnya dan coba anda ketikan huruf yang bukan angka, jika masih bisa maka apa yang anda buat masih salah. Jika berhasil, TextBox tersebut hanya bisa diketikan Angka 0 sampai dengan 9,  tombol Enter, tombol Backspace, Tanda Koma, Tanda Titik, dan Spasi, seperti gambar di bawah ini:
Running Hanya Angka


Jika artikel ini bermanfaat, berikan komentar anda di bawah ini ya.... Terima Kasih atas kunjungannya... DBonis
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment