Sunday 3 May 2015

Visual Basic .Net 2010 - Mencari Nilai ASCII

ASCII singkatan dari American Standard Code for Information Interchange. Komputer hanya dapat memahami nomor , sehingga kode ASCII adalah representasi numerik dari karakter seperti 'a' atau ' @ ' atau tombol keyboard lainnya. Jadi setiap tombol pada keyboard memiliki nilai ASCII yang berupa angka dari 1 sampai 255.
Terkadang dalam membuat Aplikasi kita perlu mengetahui nilai ASCII dari tombol-tombol pada keyboard komputer. Misalnya kita ingin jika menekan tombol ENTER maka even yang terjadi adalah pindah dari satu control ke control lainnya atau langsung menyimpan data ke database. Hal itu bisa kita buat dengan cara mengetahui dulu nilai ASCII dari tombol ENTER itu berapa?
Baiklah kita langsung saja buat projectnya, tahapannya adalah:
  • Buat Project baru dan beri nama sesuai keinginan anda atau biar lebih mudah bisa diberi nama Key ASCII
  • Pada Form1, letakan sebuah label dan sebuah textbox. Buat seperti gambar berikut:

Cari Key ASCII
  • Ubah Nama Textboxnya menjadi txtCariKeyAscii 
  • Double Klik txtCariKeyAscii, di jendela code pada Even Keypress ketikan code ini MsgBox(Asc(e.KeyChar)) atau untuk lebih jelaskannya lihat gambar di bawah ini:

keypress even
  • Sekarang jalankan programnya lalu pastikan focus di txtCariKeyAscii (kursor/karet pada txtCariKeyAscii berkedip-kedip) lalu anda tekan tombol ENTER maka akan tampil pesan yang menyatakan bahwa  ASCII dari tombol ENTER adalah 13 seperti gambar di bawah ini:

msgbox ascii

Jika artikel ini bermanfaat, berikan komentar anda di bawah ini ya.... Terima Kasih atas kunjungannya... DBonis
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment